Kamis, 01 Desember 2011

 

 

Awas, Radiasi Wi-Fi Bisa Kurangi Kesuburan Sperma

Berhati-hatilah bagi yang sering memangku laptop dan berkoneksi dengan Wi-Fi selama lebih dari empat jam. Penelitian terbaru menyatakan radiasi koneksi Wi-Fi bisa mengganggu kesuburan sperma laki-laki. Penelitian ini menemukan 1 dari 4 pria yang menjadi obyek penelitian mengalami gangguan kesuburan.

Studi ini dilakukan dengan menempatkan laptop di atas pangkuan yang terhubung dengan Internet melalui Wi-Fi. Gangguan kesuburan bukan hanya disebabkan panasnya laptop, namun lebih kuat disebabkan sinyal nirkabel. "Ini mungkin sepele, tetapi menggunakan laptop di pangkuan Anda bisa membahayakan sperma Anda," kata seorang peneliti.

Peneliti mengambil sampel dari 29 pria berusia 26-45 tahun dan menempatkan mereka pada aktivitas menggunakan laptop yang terhubung dengan Wi-Fi dan jauh dari Wi-Fi. Kemudian mereka diminta mengunduh dan mengunggah file dari Internet selama 4 jam. Pada akhir percobaan, 25 persen di antara mereka yang menggunakan Wi-Fi, spermanya berhenti bergerak, dan 9 persen di antaranya mengalami kerusakan DNA.

Sebagai perbandingan, laporan jurnal kesuburan dan sterilisasi menyatakan hanya 14 persen dari sampel yang dijauhkan dari Wi-Fi spremanya berhenti bergerak. Dan hanya 3 persen yang mengalami kerusakan DNA.

Peneliti Reproductiva Medicina Nascentis di Cordoba, Conrado Avendano, mengatakan data yang dimilikinya menunjukkan penggunaan komputer nirkabel yang terhubung dengan Internet memang akan menurunkan kualitas sperma manusia. "Saat ini kita tidak tahu apa yang menyebabkan efek ini," ungkapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews